Obyek Wisata Kab. Pekalongan

fiki3Boleh dikatakan bahwa  Petungkriyono adalah satu-satunya areal hutan perawan yang masih tersisa di Jawa Tengah, bahkan di Pulau Jawa.  Terletak di lereng Gunung Ragajambangan pada ketinggian 900 – 1.600 dpl. Dari ibukota Kajen, lokasi ini dapat ditempuh  dengan kendaraan umum dengan jarak sekitar 30 km. Sebagai kawasan ekowisata, Petungkryono memberikan demikian banyak pilihan obyek-obyek wisata alam yang berupa panorama pegunungan yang indah,  petualangan rimba yang masih perawan, keanekaragaman  tanaman dan hewan, sejumlah  air terjun yang tersebar di beberapa lokasi dengan variasi keindahannya masing-masing, peninggalan sejarah serta kehidupan dan kebiasaan masyarakat sekitar yang melakukan pertanian di daerah perbukitan. Sekalipun jalan menuju ke lokasi sudah ada, namun kondisinya jauh dari sempurna. Jalan tersebut bisa dilalui kendaraan roda empat, tetapi cukup sulit apabila berpapasan dengan kendaraan lain yang berlawanan arah, oleh sebab itu perlu kendaraan yang handal dan kehati-hatian ekstra jika meng- gunakan kendara an pribadi  ke loka si. Ekowisata Petungkryono telah dilengkapi dengan berbagai  fasilitas yang cu- kup memadai bagi    para pengunjung yang  ingin melakukan   petualangan diantaranya :

  • Bumi perkemahan (camping ground)

Total luas yang disediakan sekitar 4 hektar dan berada di dusun Dranan Desa Yosorejo dan telah dilengkapi dengan MCK, Pendopo, Pos Jaga dan tempat bermain. Fasilitas ini sangat cocok digunakan para pencinta alam ataupun para pelajar untuk belajar mengenai masalah lingkungan dan ekosistem secara langsung di lapangan

  • Gardu Pandang

Bagi para pengunjung yang ingin menikmati indahnya panorama pegunungan di Petungkriyono, telah disediakan  sebuah gardu pandang yang dibangun di ketinggian dengan sudut pandang yang luas. Dari sini pengunjung dapat mengamati panorama sekitar dari berbagai sudut keindahan. Biasanya setiap pagi hari atau setelah hujan, akan ada bayangan pelangi diantara perbukitan yang sangat indah.

  • Air Terjun

Sejak masuk dari pintu gerbang menuju ke lokasi, di sepanjang jalan para wisatawan akan menemukan beberapa air terjun yang mengalir dari celah-celah bukit yang terjal.  Demikian pula beberapa sungai yang airnya sangat jernih, mengalir tenang tanpa  sampah sedikitpun. Ada beberapa air terjun yang terdapat di Kecamatan Petungkriyono, tetapi salah satu yang besar dan banyak dikunjungi adalah Curug Muncar. Dikelilingi dengan hutan yang masih hijau, air terjun Curug Muncar ini terlihat demikian eksotis dan alamiah.

  • Jungle House dan Home Stay

Bagi para pe-ngunjung yang akan singgah dan menginap untuk melaku- kan penelitian, penjelajahan atau sekedar mencari penga-
laman hidup  Home Stay menyatu dengan alam dan kehidupan masyarakat sekitar, maka telah disedi- akan jungle house  dan home stay sederhana yang cukup layak.

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s